Profil

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Indikator adalah Lembaga Otonom di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (FEB UB), Malang, Jawa Timur. Lahir pada tanggal 10 Oktober 1986, hingga saat ini Indikator masih eksis berkecimpung di bidang pers dan jurnalistik mahasiswa.
Sebagai salah satu elemen kemahasiswaan, Indikator berusaha turut mendidik dan mencetak insan-insan tangguh berwawasan luas yang mampu menuangkan nafas dan nuansa ekonomi dalam setiap aktivitasnya. Indikator juga menuntut dirinya peka, kritis dan tanggap terhadap segenap perubahan peristiwa yang ada di sekitar.

Visi Indikator

Mengungkapkan kebenaran dengan obyektivitas masalah-masalah rakyat guna mendorong lahirnya kesadaran demokrasi yang bertanggung jawab.

Misi Indikator

Pemberdayakan masyarakat kampus dan masyarakat umum melalui segala bentuk kegiatan yang tidak bertentangan dengan visi Indikator.

LPM Indikator tidak hanya bergelut dalam penerbitan belaka, tetapi juga aktif dalam penyelenggaraan berbagai aktivitas edukatif, seperti perhelatan workshop, pendidikan dan pelatihan jurnalistik, seminar regional dan nasional, penelitian-penelitian, bursa buku dan berbagai kegiatan lain.


Struktur Organisasi Indikator
Setiap institusi (formal) tentu memiliki perangkat organisasi berupa struktur organisasi. Umumnya, sebuah institusi atau lembaga dipimpin oleh seorang pemimpin dengan didampingi para pembantunya. Lain dengan yang diterapkan di Indikator.
Indikator dipimpin oleh sekelompok pemimpin. Ada empat pemimpin yang berdiri sejajar mengepalai laju organisasi. Masing-masing pemimpin mengepalai satu divisi. Berikut sekilas penjelasan mengenai tiap divisi berserta pemimpinnya.

Divisi Umum

Dipimpin oleh Pemimpin Umum. Secara pokok tugas Pemimpin Umum adalah mengkoordinasi jalannya organisasi secara umum dan mewakili interaksi ke luar Indikator.

Divisi Litbang

Dipimpin oleh Pemimpin Penelitian dan Pengembangan (Pemimpin Litbang). Secara umum tugas Pemimpin Litbang adalah mengepalai aktivitas Litbang Indikator. Di internal organisasi, Indikator berusaha mengembangkan Litbang untuk mendukung prestasi dan peningkatan kinerja agar senantiasa menyelimutkan efektivitas dan efisiensi untuk produktivitas.

Divisi Redaksi

Dipimpin oleh Pemimpin Redaksi (Pemred). Tugas utama Pemimpin Redaksi adalah sebagai kepala produksi Majalah Indikator.

Divisi Usaha

Dipimpin oleh Pemimpin Usaha. Tugas pokok Pemimpin Usaha adalah mengepalai aktivitas organisasi terkait masalah keuangan.

Pembagian menjadi divisi-divisi sesungguhnya tak dimaksudkan untuk memecah keutuhan Indikator. Sederhananya kami hanya menginginkan sistem pertanggungjawaban dan pengontrolan yang jelas karena pada dasarnya kami tetap menjalankan roda organisasi secara bersama-sama dan menjunjung tinggi musyawarah mufakat untuk setiap tindakan terkait organisasi.

Pengawasan tertinggi kepada empat pemimpin Indikator tetap berada langsung di tangan seluruh anggota organisasi. Hal ini sangat mungkin dijalankan mengingat Indikator hanya merupakan organisasi kecil yang tidak menemui hambatan dalam aplikasi demokrasi langsung.
Tak banyak yang mengetahui keunikan sistem kepemimpinan kami. Boleh jadi cuma kami yang menerapakan sistem seperti ini. Kalau memang benar adanya, tak berlebihan bila kami merasa bangga atas keunikan yang kami tetapkan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp